Lembaga Negara -resume kuliah umum-

Resume Kuliah Umum

Prof. Bagir Manan

Lembaga Negara

Semester genap tahun 2010


Berbicara mengenai lembaga Negara adalah terkait pula dengan pranata dan institusi. Dan yang dimaksud dengan suatu kelembagaan adalah suatu badan lembaga. Negara itu starteorganisatie. Negara dilihat dari berbagai aspek yaitu dari dalam dan dari luar. Dari aspek luar yaitu seperti bentuk Negara yang saperti telah diketahui bahwa bentuk Negara yaitu ada keatuan dan federal. Sedangkan uni, dan commonwealth adalah suatu bentuk Negara yang tidak dalam arti sebenarnya.

Dalam Montevedeo convention tahun 1933, syarat syarat dari Negara adalah adanya wilayah atau territorial, adanya rakyat, kedaulatan serta adanya pemerintah yang berdaulat. Yang perlu dijelaskan pula bahwa pemerintah ini tidak harus selalu berada di tempat atau wilayah negaranya, tetapi dapat dipindahkan. Dalam hal pemerintah yang dapat berada di luar wilayahnya ini dicontohkan adalah Negara Perancis yang pada saat perang dunia II pemerintahannya dipindahkan ke Negara Inggris karena pada saat itu Negara perancis sedang diduduki oleh Nazi yang menguasai hampir seluruh eropa. Kemudian aspek Negara dari dalam adalah mengenai lembaga-lembaga Negara. Organisasi Negara hakekatnya adalah pembagian pembagian tugas. Dengan adanya lembaga Negara tersebut, Negara menjadi sesuatu yang konkrit, tanpa adanya suatu lembaga Negara tersebut, Negara hanyalah bersifat abstrak.

Lembaga Negara memang tidak disebutkan secara gamblang dalam UUD 1945, namun ketentuan-ketentuan mengenai kelembagaan Negara ini terdapat dalam TAP MPR tahun 1973 jo. TAP MPR tahun 1978 mengenai kelembagaan Negara. Dalam Tap MPR tersebut lembaga Negara adalah yang terdiri dari MPR, Kepresidenan, DPA, DPR, BPK, MA. Sedangkan pada saat berlakunya UUDS 1950 lembaga Negara adalah Presiden dan Wakil Presiden, Menteri-menteri, DPR serta BPK. Mengenai perbedaan tentang lembaga Negara pada saat UUD 1945 amandemen ke-4 dengan UUDS 1950 adalah mengenai menteri-menteri yang pada saat UUDS 1950 adalah suatu lembaga Negara sendiri, sedangkan pada saat UUD 1945 amandemen ke-4 menteri-menteri tidak termasuk dalam lembaga Negara. Alasan menteri-menteri tidak menjadi suatu lembaga Negara sendiri adalah pada saat UUDS 1950, Negara Indonesia menganut system parlementer. Kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri ini mempunyai kewenangan yang tidak berada di bawah presiden. Maka dari itu suatu kementrian merupakan lembaga Negara tersendiri yang terpisah dari presiden. Sedangkan lembaga Negara pada saat UUD 1945 amandemen ke-4 menteri-menteri tidak merupakan suatu lembaga Negara tersendiri karena selain Indonesia menganut system presidensiil, juga karena system presidensiil ini yang juga disebutkan dalam UUD 1945, bahwa menteri adalah pembantu presiden. Otomatis, menteri-menteri ini karena dalam tugasnya adalah membantu presiden, maka menteri-menteri ini sudah termasuk dalam lembaga Negara presiden.

Mengenai perbedaan kepala pemerintahan pada saat pemerintahan parlementer dengan pemerintahan presidensiil adalah kepala negara dalam system presidensiil presiden memegang kekuasaan penuh terhadap pemerintahan dan berada di atas para menteri. Sedangkan dalam system parlementer, di cabinet semua mempunyai kedudukan yang sama, sedangkan perdana menteri hanya didahulukan saja (Primus Inter Pares).

Mengenai lembaga dalam suatu Negara ini menganut ajaran Trias Politica yang digagas oleh Montesque yang dikembangkan dari ajaran John Locke. Perbedaan kedua ajaran ini adalah John Locke menenkankan pada pemisahan kekuasaan sedankan Montesque lebih kepada pembagian kekuasaan. Selain itu pula pada ajaran pembagian kekuasaan milik Motesque dengan pemisahan kekuasaan milik John Locke adalah pada pembagiajn kekuasan adanya lembaga yudikatif sedangkan pemisahan kekuasaan adalah lembaga federative.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s