OMG !! Oom Susno Ditangkap !

Susno Duadji

Oom Susno

Senin sore tanggal 12 April 2010 sekitar pukul 17.45 WIB, Komjen Susno Duadji dikabarkan ditangkap oleh Propam saat akan berangkat menuju singapura untuk check up kesehatan. Parahnya lagi, menurut istri Oom Susno, Tante Herawati, Oom Susno ditangkap dengan paksa. Apa yang terjadi?

Dengan menangis tersedu sedan, tante Herawati menjelaskan apa yang terjadi pada suaminya. Menurutnya, sejak Oom Susno dilengserkan dari jabatan Kabareskrim, banyak orang atau mungkin dapat disebut sebagai mata-mata, yang mengikuti kemana pun Oom Susno pergi. Banyak orang lalu lalang di depan rumahnya, apalagi sejak dia ‘bernyanyi’ mengenai makelar perpajakan.

Oom Susno menjelaskan bahwa beliau ditangkap karena terkait kode etik. bahwa dia memang belum mempunyai izin akan meninggalkan Indonesia menuju Singapura untuk kepentingan kesehatan yang direncanakan hanya akan selama satu malam. Terjadi perdebatan atau negoisasi pada saat Oom Susno akan ditangkap di depan W.C. di terminal II D pintu D1 Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 16.30. menurut saya, penangkapan ini terlalu berlebihan, tampak penangkapan terhadap Oom Susno terlalu ketat, bahkan tempat disekitar lokasi tersebut diamankan dari calon-calon penumpang lainnya, hampir persis seperti menangkap penjahat narkoba.

Terlepas dari pelanggaran kode etik yang diduga dilakukan Oom Susno, perlakuan penangkapan yang dilakukan terhadap Oom Susno memang kurang etis terhadap pejabat polisi bintang tiga. Masalah norma maupun etik kepolisian makin dipertanyakan seiringan dengan kasus penangkapan Oom Susno ini. Meskipun tidak ada aturan yang mengatur mengenai tata cara penangkapan seperti kasus yang dialami oleh Oom Susno ini. Tetapi sangat perlu menggunakan kode etik penangkapan terhadap polisi bintang tiga, bukan seperti itu caranya. Apalagi dalam penangkapan itu (meskipun pada pelanggaran kode etik) tidak disertai dengan surat penangkapan.

meskipun setelah itu Oom Susno dilepaskan setelah hampir 5 jam diperiksa oleh Propam. pada pukul 22.30 wib, Oom Susno keluar dengan wajah yang sepertinya kelelahan.

Secara keseluruhan saya pun tidak membela Oom Susno maupun pihak Propam yang melakukan penangkapan. Tetapi lebih kepada koreksi terhadap perlakuan Propam yang melakukan penangkapan Oom Susno. Semoga peristiwa (penangkapan) ini mempunyai dasar hukum yang benar, tidak mengesampingkan aturan-aturan yang berlaku (kecuali seorang agent provocateur) dan tentunya juga tidak mengesampingkan hukum dan lode etik atas kepetingan tertentu diri sendiri. Karena kekuasaan tanpa hukum adalah kesewenang-wenangan, dan hukum tanpa kekuasaan adalah sebuah angan-angan.

One thought on “OMG !! Oom Susno Ditangkap !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s