Lapas Baru untuk Para koruptor


Bagi para koruptor lebih berhati-hatilah sekarang dalam bertindak. Pada tanggal 27 April 2010 kemarin telah diresmikan kompleks lembaga pemasyarakatan baru di areal LP Cipinang yang dikhususkan untuk para koruptor baik kelas anak teri sampai kelas paus yang tidak segan-segan merugikan Negara dalam bentuk apapun terkait dengan keuangan Negara.

Mungkin nantinya tidak akan ada lagi fasilitas-fasilitas wah bagi para koruptor. Bagaimana tidak, lapas baru yang diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Oom Patrialis Akbar ini tidak dilengkapi dengan kemewahan-kemewahan ala tante Artalita Suryani yang akrab disapa tante Ayin (bagi yang merasa akrab dengan koruptor janganlah merasa bangga). NO AC, NO Kasur empuk, NO DVD apalagi home theatre yang ada hanyalah jeruji besi lengkap dengan matras dan closet tanpa sekat. Bahkan TV tidak terdapat di dalam ruang masing-masing, namun terdapat di luar, dan itu pun hanya beberapa saja di tiap tiap lantai.

Menurut Oom Purwo Arthoko, arsitek yang menukangi pembangunan kompleks lapas baru tersebut, bangunan dibuat sangat sederhana dan bahkan dalam sistem tenaga listriknya  menggunakan sistem Echo engineering. Dimana pada saat siang hari tidak memerlukan listrik karena menggunakan tenaga surya sebagai pengganti listrik. Apabila malam, tidak memerlukan kipas angin, yang diperlukan hanyalah lampu penerangan saja (tentunya apabila menyalakan TV tetap menggunakan listrik).

Kemudian ‘kelebihan’ lain adalah apabila ada penambahan daya, maka otomatis, listrik akan mati seketika. Beberapa kelebihan ini akan membuat para koruptor semakin mati kutu di dalam penjara, maka diharapkan tujuan pemidanaan yang dalam hal ini juga salah satu fungsi lembaga pemasyarakatan yaitu membuat efek jera akan benar-benar terpraktikan di dalam lapas ini.

Diharapkan lapas baru ini akan sangat efektif dalam membuat kapok dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan biadab namun sopan tersebut (korupsi). Para Oom-oom dan tante-tante koruptor tidak akan dapat lagi merasakan nikmatnya kebebasan layaknya di luar negeri tempat mereka biasa kabur.

Pembangunan kompleks lapas baru ini salah satu cara revolusioner tanpa membeda-bedakan jenis tahanan yang lain,. Namun saya rasa para koruptor memang lebih pantas dipisahkan dari tahanan lain karena perbuatannya mengambil uang rakyat sama dengan membunuh para rakyat itu sendiri. Bisa dibilang sedikit lebih kejam daripada pembunuhan, mungkin juga sama dengan orang-orang yang melakukan fitnah, karena fitnah juga lebih kejam daripada pembunuhan.

Program penghapusan korupsi, kolusi dan nepotisme harus kita dukung dengan berbagai cara positif untuk mewujudkannya. Dengan terwujudnya program penghapusan KKN tersebut, tidaklah tidak mungkin pada tahun 2025 Indonesia akan menjadi salah satu dari 5 Negara maju yang memimpin bangsa mengungguli Amerika Serikat dan Jepang. Tentunya dengan tindakan yang dilakukan dengan tepat maka hal tersebut akan dapat terwujud.

*mengenai pada tahun 2025 indonesia akan menjadi Negara maju disampaikan oleh dosen hukum Internasional saya di Universitas padjadjaran, Dr. Danrivanto Budijanto, S.H., LL.M In IT Law.

One thought on “Lapas Baru untuk Para koruptor

  1. Ehm…setuju sich ama penjara para koruptor,tp kalo nggak salah mertuanya pak Dan pernah masuk sel koruptor jg yach,ironis ahli hukum kok dihukum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s