Mabo Cases

Pada waktu dahulu, Inggris menduduki Australia. Dan pada saai itu Australia belum terdapat negara-negara bagian. Sehingga Inggris yang menduduki Australia, membuat negara-negara bagian di Australia.

Kota Queensland merupakan tempat dimana Inggris bertahta. Pihak Queensland (crown) mengeluarkan native title act atau semacam pernyataan bahwa seluruh kekayaan Australia baik itu tanah, properti, rumah, dll menjadi kepemilikan Queensland dan semua daerah menjadi milik pihak Queensland. Semua itu berdasarkan asas kepemilikan universal. Termasuk kepemilikan terhadap Pulau Murray yang menurut pihak Queensland merupakan daerah Terra Nullius ( tidak berpenghuni).

Tetapi sebenarnya di Pulau Murray tersebut sudah ada suku-suku asli atau suku-suku Aborigin yang menempatinya. Mereka sudah berada di pulau itu dari dahulu. Di daerah tersebut sudah memiliki hak-hak kebudayaan dan hak-hak tradisional, seperti memiliki rumah, properti, tanah, dll.

Pihak Pulau Murray yang diwakili oleh Eddie Koiki Mabo, dkk menentang keras pernyataan dari pihak Queensland yang menyatakan Pulau Murray merupakan daerah Terra Nullius dan menjadi kepemilikan pihak Queensland.

Hal ini ditentang keras karena menurut pihak Mabo, native title act yang dikeluarkan oleh pihak Queensland sudah melanggar racial traditional act tahun 1975 dan International Convention on Elimination Racial Disrimination (ICERD) yang salah satu isinya berbunyi bahwa setiap orang berhak atas atau memiliki tanah, rumah, properti, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s