Kehidupan Mikro Kosmos Yang Seimbang

Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan ini diciptakan oleh Allah SWT dengan penuh keseimbangan dan keteraturan yang sangat sempurna. Tak ada manusia di dunia ini yang mampu menciptakan yang sama seperti apa yang diciptakan oleh Allah SWT.

 

Kehidupan di dunia ini selalu terdiri dari dua hal yang saling berpasangan, seperti panas dan dingin, siang dan malam, tinggi dan rendah dan lain sebagainya. Hal ini seperti dalam firman Allah QS. Yaasin (36):36 Berikut ini:

 

“Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

 

 

Dari surat Yaasin ayat 36 tersebut, dapat kita lihat terdapat firman Allah yang menyebutkan bahwa “… dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.”

Maka apa pun di dunia ini adalah berpasangan, baik yang oleh ilmu sains sekarang yang telah banyak terungkap, maupun hal-hal yang sampai abad ini masih belum kita ketahui.

 

Salah satu contoh dalam perkembangan ilmu dengan kaitannya pada ciptaan Allah yang berpasang-pasangan dapat dilihat dalam proses penelitian mengenai materi terkecil di dunia yaitu, Atom.

 

Atom berasal dari bahasa Yunani yaitu Atomos yang berarti “tidak dapat dipisah”. Nama tersebut diberikan kepada materi terkecil di dunia pada saat penemuannya di abad kedua puluh. Karena para peneliti saat itu tidak dapat memecah kembali menjadi materi yang berbeda yang berasal dari atom tersebut. Maka dipilih lah nama Atom sebagai materi terkecil yang saat itu belum ditemukan pemisahan materi yang berasal dari atom.

 

Namun dalam perkembangannya, seiring dengan kemajuan pesat ilmu pengetahuan, terkuak bahwa atom ternyata dapat dipisah dan bukanlah bahan pembentuk tunggal. Para ahi menemukan bahwa ternyata di dalam Atom terdapat dua hal yang berpasangan yaitu, Inti Atom dan Elektron.

 

Dari tahap inti atom ini, bukanlah disebut sebagai materi lagi, namun telah berubah sifatnya menjadi energi. Penemuan itu mencenangkan banyak ahli, dan seperti kurang puas terhadap penemuan tersebut, mereka meneliti kembali mengenai inti atom. Dan hasil yang di dapat adalah… inti atom pun dapat dipisah, yang terdapat dua komponen pembentuk di dalamnya.

 

Dua komponen pembentuk di dalam inti atom yang oleh para ahli disebut sebagai Proton dan Neutron.

Para pembaca yang tergabung dalam Yaasin Fadilah ini pasti pernah mendengar dua istilah tersebut. Ya, itu adalah dua komponen yang memberntuk inti atom yang sekali lagi ditampakkan bahwa antara Proton dan Neutron tersebut berpasangan membentuk apa yang dinamakan inti atom.

 

Tidak berhenti sampai disitu saja, para ahli di bidang fisika menemukan bahwa neutron pun terdiri dari dua energi yang berpasangan yaitu kutub positif dan kutub negatif yang dinamakan proton dan elektron. Hal-hal yang berpasangan dan saling seimbang dalam membentuk dunia ini oleh Allah SWT ditegaskan dalam QS. Al Mulk (67):3

 

“Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?”

 

Dan kekuasaan Allah lah apa yang segala ada di bumi dan di langit, apakah kamu sekalian masih mengingkari kebesaran Allah, kemudian Allah menurunkan ayat selanjutnya yaitu QS. Al Mulk (67): 4

 

“Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

 

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s