Prosedur Pengurusan Dokumen Pendirian Badan Usaha dan Badan Hukum

Prosedur Pengurusan Badan UsahaBeberapa pengusaha muda atau pengusaha yang akan memulai usahanya, biasanya tidak mengetahui bagaimana syarat dan prosedur yang harus ditempuh untuk memulai suatu usahanya agar terdaftar di Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Karena ketidaktahuan dan tidak acuhnya para pengusaha muda, beberapa dari mereka terkadang tidak mengurus izin berdirinya mereka. Hal ini tentunya selain pemerintah melalui Deperindag tidak dapat mengetahui  berapa pengusaha dan badan usahanya, juga secara administrasi tidak dapat diketahui bergerak di bidang apa sajakah badan usaha yang ada.

Bagan di bawah ini memberikan tingkatan atau prosedur yang harus ditempuh oleh para pengusaha yang ingin mendaftarkan badan usahanya. Seperti kita tahu, semua bentuk badan usaha dan badan hukum haruslah didaftarkan, kecuali apabila bentuk badan usaha tersebut hanyalah persekutuan perseorangan (maatschap). Namun bagi pengusaha UMKM, tentunya lebih bijak apabila mengurus pendaftaran atau mengurus izin pendirian badan usaha agar tertib hukum dapat tercapai, khususnya dalam administrasi di bidang UMKM.

  1. Akta pendirian yang dibuat secara notarill atau dibuat di hadapan Notaris.
  2. Izin tetangga yang kemudian ditandatangani oleh Ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga diberi stempel.
  3. Domisili perusahaan (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) ditandatangani oleh Lurah dan Camat. (pada saat pengurusan melampirkan ijin tetangga, FC sertifikat (bukti hak) dan PBB (SPPT) tempat dimana perseroan didirikan.
  4. SITU (Surat Izin Tempat Usaha) atau HO (Hinder Ordonantie)/izin gangguan. Dibuat di kantor pemda. (melampirkan akta pendirian, FC KTP Direktur, Izin tetangga, dan SKDP).
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (dibuat di kantor pajak). Melampirkan akta pendirian perusahaan, FC KTP Direktur,SKDP dan SITU.
  6. Surat Izin Usaha Perdagangan. Dibuat oleh Deperindag, melampirkan akta pendirian, DP, NPWP dan foto copy Direktur.
  7. TDP (tanda daftar perusahaan) dibuat oleh Deperindag dengan melampirkan akta pendirian, DP, NPWP, dan FC Direktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s